Jual Aki Mobil Murah dan Pertimbangan Membelinya

Aki merupakan salah satu komponen penting yang dimiliki oleh kendaraan bermotor baik mobil ataupun motor. Tanpa aki, kendaraan bermotor tersebut tidak bisa berjalan. Banyak tempat yang jual aki mobil murah baik secara offline atau online misalnya di toko online, bahkan saat ini rata-rata harga aki per buahnya adalah sekitar Rp 400-500 ribuan untuk yang kualitas terbagus. Namun, sebelum Anda memilih dan membeli accumulator tersebut, ada beberapa pertimbangan yang bisa Anda lakukan.

Pertama adalah hindari untuk membeli aki yang bekas atau rekondisi. Walaupun harganya lebih murah jika dibandingkan dengan jenis aki yang baru, namun aki bekas atau rekondisi rawan terjadi masalah. Sehingga, sebisa mungkin untuk beli di tempat terpercaya misalnya di toko online terpercaya. Jika Anda membeli secara offline, pilih tempat yang menyediakan layanan antar jemput darurat apalagi jika Anda terpaksanya membeli aki bekas karena keterbatasan biaya. Hal tersebut disebabkan karena aki bisa bermasalah sewaktu-waktu dan dengan layanan tersebut Anda bisa langsung memperbaiki atau menukar aki dengan yang baru.

Jenis aki yang akan digunakan. Ada 3 jenis aki yang ada di tempat jual aki mobil murah, yaitu:



Aki konvensional: Aki ini disebut juga dengan aki premium atau aki basah. Jenis aki ini lebih tahan panas jika dibandingkan dengan aki kering dan harganya juga lebih murah. Akan tetapi perawatan aki jenis ini lebih ribet dan harus dilakukan dengan rutin misalnya selalu menjaga ketinggian asam belerang aki.
Aki hybrid: Jenis aki ini memiliki kemiripan dengan aki konvensional namun bedanya penggunaannya tidak serumit jenis aki basah dan hanya perlu dipasang kemudian dipakai. Perawatan aki jenis ini juga harus dilakukan dengan tepat, rutin dan berkala agar bisa bekerja maksimal.
Aki MF: Disebut juga aki kering. Kelebihan aki ini adalah Anda hanya perlu untuk memasangnya saja dan langsung bisa dipergunakan dan perawatannya tidak serumit jenis aki yang lain. Namun kekurangannya, tidak terlalu tahan panas dan harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis aki yang lain.

Ketiga adalah perhatikan spesifikasinya. Anda bebas bisa memilih merk aki mana yang hendak Anda pasang di mobil kesayangan Anda, namun Anda harus mempertimbangkan spesifikasinya yang haru sesuai ketentuan dari pabrik. Anda bisa melihat di bagian deret angka spesifikasi yang ada di bagian dus serta badan aki. Misalnya aki dengan angka 55D26R dimana angka 55 di bagian depan menunjukkan dimensi tempat aki tersebut akan diletakkan. Jangan lupa memperhatikan mengenai voltase dan kapasitas aki. Jangan memilih aki dengan lebih besar atau yang tidak lebih dari 15 Ah.

Keempat adalah pertimbangkan tanggal produksi aki. Masing-masing aki memiliki tanggal produksi yang berbeda. Jika aki yang akan Anda beli tersebut adalah jenis aki MF (kering) dan hybrid yang rata-rata umur idealnya adalah 1,5-2 tahun, dan usia produksinya sudah lebih dari 6 bulan saat ada di toko maka fungsinya bisa berkurang atau tidak bisa digunakan secara maksimal. Namun hal tersebut tidak berlaku untuk aki basah karena cairan baru akan dimasukkan saat aki hendak dibeli.

Kelima adalah masalah garansi. Pilih aki yang ada di tempat jual aki mobil murah yang dilengkapi dengan garansi. Garansi masing-masing jenis aki berbeda dan bisa juga tergantung dari tokonya. Karena hal tersebut, sebelum membeli sebaiknya Anda menanyakan dahulu ke pihak penjualnya apakah aki tersebut bergaransi atau tidak sehingga jika ada kerusakan bisa diganti atau diperbaiki.