6 Tips Merawat Kain Batik Agar Tetap Terlihat mewah

Tampil lebih cantik tak harus dengan fashion luar negeri, karena pada dasarnya Anda juga dapat menerapkan busana-busana etnik yang tak kalah menarik. Diantaranya adalah batik, jenis kain yang satu ini tentunya sudah tak begitu asing bagi Anda bukan. Ia banyak digunakan sebagai busana untuk acara-acara resmi. Namun tak hanya untuk pesta saja, dengan model yang kian bervariasi Anda juga dapat menggunakannya sebagai fashion santai dan hangout bersama dengan teman. Pilihannya banyak mulai dari baju batik murah hingga yang harganya ratusan ribu ada, melihat dari kualitas yang Anda inginkan.


Mengenakan busana dengan aksen etnik yang satu ini bisa mempercantik tampilan Anda, tentunya dengan padu-padan yang tepat. Mulai dari penggunaan celana biasa hingga rok semuanya cocok. Asalkan salah satu bagian harus polosan. Ingat bahwa batik sudah memiliki terlalu banyak motif, sehingga akan nampak sangat ramai jika Anda padukan dengan busana bermotif juga, untuk itu salah satunya sebaiknya pilih yang netral.

Mengenakan batik juga bukan berarti Anda tak cocok memadukannya dengan aksesoris, nyatanya banyak pilihan aksesoris yang sebenarnya cocok dipadu padankan dengan pakaian khas Indonesia ini. Nah, meskipun baju batik murah yang Anda beli namun dengan perawatan yang tepat sebenarnya ia akan tahan lama, bahkan untuk pemakaian selama bertahun-tahun, berikut ini tips perawatan yang harus Anda lakukan, diantaranya adalah:

Cuci menggunakan detergen khusus, sebaiknya jika Anda membeli batik asli, atau tulis tak mencucinya dengan sembarangan detergen karena bahannya sendiri adalah malam. Zat lilin yang sangat mudah luntur jika terkena bahan kimia tertentu. Anda dapat mengaplikasikannya dengan detergen khusus, biasanya ia memang dijual pada toko batik.

Sebaiknya hindari merendam dengan detergen, merendam terlalu lama kain dengan detergen akan mengikis warna yang ada di permukaannya, ini tentunya sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan warna menjadi luntur, hanya beberapa kali proses pencucian tentunya akan membuat batik Anda tak menarik lagi, solusinya langsung melakukan pencucian ketika sudah tercelup air.

Cuci secara terpisah, kain batik sangat rentan mengalami kelunturan, sebaiknya Anda jangan mencucinya berbarengan dengan baju yang lainnya, apalagi kain-kain tebal. Pisahkan dan gunakan pencucian secara manual atau mengandalkan tangan Anda sendiri, ini lebih efektif dalam hilangkan kotoran karena Anda tau mana bagian yang memiliki noda dan tidak.

Jangan diperas, selama proses pengeringan biasanya Anda akan memeras baju secara keras agar semua air yang menempel bisa keluar, ini juga mempercepat pakaian tersebut agar kering, namun pada batik sebaiknya hindari hal tersebut agar tak merusak serat pakaian. Apalagi Anda yang ingin mengenakan mesin pengering pada mesin cuci, tak dianjurkan, lebih baik langsung jemur.

JanganTerpapar Sinar Matahari Langsung, Pakaian batik yang sudah setengah kering sebaiknya tak Anda biarkan terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung, pindah ke tempat yang sejuk kemudian angin-anginkan, ini akan sarana terbaik untuk membuat warnanya tetap terlihat baru.

Setrika dengan suhu sedang, Ketika sudah kering setrika menggunakan panas sedang, jangan terlalu tinggi karena dapat merusak warna, bagi batik cetak sebaiknya di setrika secara terbalik.

Simpan dalam lemari dengan cara melipatnya rapi, tak peduli apakah itu baju batik murah atau mahal dengan proses pencucian yang benar ia akan tahan lebih lama, warna tetap terjaga begitu juga serat kain akan selalu dalam kondisi bagus.