Ini Dia Macam-Macam Peralatan Medis Di Rumah Sakit

Di setiap rumah sakit pastinya akan memiliki banyak fasilitas yang diperlukan untuk menunjang sebuah rumah sakit tersebut berdiri. Dari mulai peralatan medis, peralatan kebersihan, peralatan kantor, dan banyak peralatan lainnya yang ada di dalam rumah sakit. Merupakan alat-alat yang tentunya sangat dibutuhkan dalam menunjang kinerja pekerja rumah sakit. Jika didasarkan pada kategori tingkat kepentingannya, maka peralatan medis rumah sakit berada pada peringkat utama. Hal ini didasarkan pada perannya yang berfungsi untuk memberikan pertolongan kepada pasien. Oleh karena itu setiap rumah sakit wajib untuk menyediakan alat-alat yang lengkap dan sesuai dengan apa yang penting dan dibutuhkan.


Meskipun agak berbeda pada masing-masing rumah sakit tentunya memiliki standar tertentu untuk menyediakan sarana dan prasarana rumah sakit. Dari mulai peralatan yang benar-benar berhubungan langsung dengan pasien ataukah peralatan yang langsung berhubungan dengan dokter, dan karyawan rumah sakit. Semuanya harus dan wajib dipersiapkan secara matang dan baik. Agar ketika memerlukan peralatan ini, tidak harus bingung untuk mencari-cari di tempat lain. Sehingga misalnya ada keadaan yang darurat, Anda bisa langsung mengatasi permasalahan ini dengan baik.

Jika dikelompokkan berdasarkan urutan penting atau tidaknya. Beragam peralatan yang dibutuhkan di dalam rumah sakit dapat digolongkan menjadi tiga bagian. Tiga bagian ini yang banyak berperan dalam pekerjaan yang terjadi di dalam rumah sakit. Berikut penggolongan alat-alat rumah sakit yang diperlukan, antara lain:

  • Peralatan medis.

Peralatan medis, secara sederhana dapat diartikan sebagai alat-alat yang berkaitan atau berhubungan langsung dengan pasien dan dokter. Alat-alat ini akan kerap kali bersinggungan dengan para dokter ketika mengurus pasien, atau berhubungan langsung dengan orang-orang di sekitar rumah sakit. Alat-alat medis yang biasa berada di rumah sakit antara lain:

  1. Tempat tidur pasien.
  2. Alat rontgen.
  3. Alat pacu jantung.
  4. Suntikan.
  5. Stetoskop.
  6. Alat tensi.
  7. Alat rekam jantung.
  8. Infus.
  9. Obat-obatan.
  10. Timbangan.
  11. Selang infus.
  12. Peralatan bedah.
  13. Tabung oksigen.

  • Peralatan kantor.

Peralatan kantor ini digunakan untuk pekerjaan para pekerja yang ada di rumah sakit. Seperti kertas, buku, resep, alat tulis, dan masih banyak lagi.

  • Peralatan kebersihan.

Peralatan ini biasa difungsikan oleh petugas kebersihan yang ada di rumah sakit. Alat-alat ini digunakan untuk membersihkan setiap bagian rumah sakit.

Di dalam pengadaan alat-alat, apalagi alat-alat yang digunakan dalam dunia kedokteran atau medis. Harus diberikan pemeliharaan yang benar. Jadi setiap peralatan medis rumah sakit yang digunakan harus melalui pemeliharaan yang baik. Dengan begitu akan aman ketika digunakan.

Beragam cara dapat dilakukan ketika memelihara alat-alat medis yang ada di dalam rumah sakit. Karena masih banyak orang yang tidak memikirkan betapa pentingnya hal ini untuk diperhatikan. Padahal mengingat pentingnya alat ini, maka penting juga alat-alat ini untuk dirawat dengan baik:

  1. Selalu pastikan lingkungan lokasi rumah sakit dalam keadaan bersih.
  2. Sterilkan barang-barang selalu.
  3. Letakkan alat-alat pada tempat yang sesuai dan memadai.
  4. Jangan biarkan barang-barang dipegang oleh orang secara sembarangan.
  5. Simpan dengan rapi.

Dengan melakukan pemeliharaan peralatan medis rumah sakit yang Anda miliki. Akan membuat barang-barang ini layak dan aman untuk digunakan. Hal yang terpenting jangan sampai Anda tidak menyediakan peralatan yang memadai untuk rumah sakit Anda. Karena setiap alat penting untuk menolong pasien yang membutuhkan pertolongan.