Serba-serbi Baju Model Asimetris Terbaru

Baju adalah salah satu kebutuhan utama bagi setiap orang karena berfungsi untuk melindungi badan serta menutupi bagian tertentu sehingga pantas untuk dilihat. Perkembangan mode yang cepat membuat perubahan model baju juga lebih beragam. Banyak baju terbaru yang menggunakan model lama ataupun dengan model baru seperti model asimetris. Baju dengan model asimetris saat ini termasuk sebagai salah satu baju yang diminati di pasaran terutama oleh anak muda.


Model asimetris adalah model dimana potongan baju baik sisi samping, depan, atas ataupun bawah tidak sama panjangnya atau dibuat jenjang dan bahkan beberapa diantaranya dibuat meruncing. Keunggulan jika menggunakan baju asimetris yaitu:

  • Membuat penampilan Anda menjadi lebih berbeda.
  • Kaki Anda terlihat lebih panjang terutama jika Anda menggunakan baju dengan model asimetris di samping.
  • Membuat tubuh Anda terlihat lebih ramping.

Terdapat beberapa bagian yang biasanya dibuat asimetris. Pertama yaitu di bagian lengan. Potongan asimetris lengan biasanya ada pada gaun, dress ataupun blues. Beberapa model menggunakan pakaian dengan panjang yang tidak sama di kanan ataupun di kiri. Apabila Anda memiliki postur tubuh besar dan berlengan besar ataupun yang berlemak sebaiknya pilih jenis busana dengan lengan asimetris polos atau bagian lengan yang tidak terlalu ramai, baik motif atau aksesoris, dengan panjang 2/4 atau 3/4. Baju sebaiknya terbuat dari bahan sifon yang ringan dan lembut sehingga pakaian tersebut tidak membuat lengan menjadi terlihat besar.

Kedua adalah asimetris di bagian leher. Baju terbaru dengan potongan leher asimetris ini pada umumnya diaplikasikan untuk model leher kebaya modern. Kebaya yang memiliki potongan leher yang asimetris ini dapat memberikan kesan leher Anda lebih panjang dan lebih tirus sehingga cocok untuk Anda yang memiliki badan besar ataupun yang memiliki leher pendek. Jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat pakaian dengan leher asimetris ini biasanya adalah brokat perancis atau tule lembut sehingga bagian leher tersebut dapat berdiri dengan sempurna karena bahan yang cukup kaku.

Ketiga adalah di bagian dada yang biasanya ada di pakaian seperti blues, dress, gaun ataupun jenis outer yang saat ini banyak ditemukan untuk melengkapi penampilan misalnya untuk tampil kasual. Akan tetapi, hal yang harus diperhatikan adalah Anda harus berhati-hati untuk memilih dan mengaplikasikannya karena jika salah pengaplikasiannya akan membuat dada Anda terlihat lebih besar atau badan Anda yang akan terlihat lebih gemuk.

Keempat adalah asimetris di bagian bahu dan biasanya asimetris ini diaplikasikan untuk gaun atau dress yang dikenal juga dengan one shoulder. Namun saat ini busana dengan asimetris di bagian bahu juga diaplikasikan pada kaos bahkan kebaya. Jenis busana dengan potongan ini cocok digunakan oleh orang yang memiliki tubuh yang ramping ataupun bahu yang tidak terlalu besar.

Bagian asimetris lainnya yang diaplikasikan untuk baju terbaru saat ini yang dapat Anda temui yaitu:

  • Asimetris di bagian bawah dan paha yang biasanya diaplikasikan untuk rok ataupun pakaian yang memiliki panjang hingga mencapai lutut ataupun pertengahan paha. Untuk pakaian dengan bagian bawah yang asimetris akan memberikan kesan kaki yang lebih jenjang. Jenis model baju dengan bawahan asimetris selain panjang samping adalah model pinguin. Pastikan jika Anda memilih rok asimetris, rok tersebut tidak terlalu pendek saat dikenakan.
  • Asimetris pada outer misalnya blazer, mantel, jaket ataupun cardigan untuk melengkapi penampilan Anda baik untuk suasana kasual, semi formal ataupun untuk acara formal misalnya pernikahan.