Memiliki Mobil Transmisi Otomatis? Inilah Cara Mengendarainya dengan Nyaman Bagi Pemula

Menurut infokendaraan.net Mobil yang diperjualbelikan di Indonesia memang kebanyakan diimpor dari beberapa negara yang memiliki reputasi baik dalam memproduksi jenis kendaraan tersebut. Sekarang ini, sudah ada begitu banyak jenis mobil dan modelnya, namun hanya 2 jenis mobil sajalah yang dikenal oleh masyarakat Indonesia, yakni mobil dengan transmisi otomatis dan manual. Namun, jika Anda seorang pemula yang baru saja bisa menyetir mobil atau yang belum memiliki jam terbang yang banyak, maka yang paling dianjurkan untuk Anda adalah mobil dengan transmisi otomatis. Hal ini dikarenakan mereka tidak perlu repot-repot untuk belajar tentang bagaimana mengganti atau berpindah gigi dan gigi mana yang harus digunakan. Tetapi, yang namanya pemula pasti merasa tegang dan merasa kurang nyaman ketika sedang mengendarai mobilnya. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat diterapkan oleh pemula yang baru memakai mobil matic:

Memiliki Mobil Transmisi Otomatis


1. Membaca Manual

Hal pertama dan yang paling mendasar memang haruslah membaca panduan mobil tersebut dari buku manualnya. Setiap Anda membeli mobil, pastinya akan disertakan dengan buku tersebut. Tidak perlu khawatir jika tidak paham, karena buku tersebut biasanya sudah dibuat dengan sedemikian rupa dan membuat Anda mudah untuk memahaminya. Di dalamnya, Anda juga akan diajarkan beberapa tips ketika memakai mobil tersebut dan apa saja yang tidak boleh Anda lakukan. Dengan begini, menyetir pastinya akan terasa lebih nyaman dan aman.

2. Mengingat Kode Stik Persneling

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan agar dapat mengendarai mobil transmisi otomatis adalah mengingat posisi serta kode yang tertera pada stik persneling mobil. Kode P atau Parking digunakan untuk mobil yang sedang berada dalam kondisi di parkir. Kode R atau Reverse digunakan ketika Anda ingin jalan mundur. Kode N atau Neutral dapat Anda gunakan untuk kondisi tanpa gigi. Kode D atau Drive digunakan agar mobil dapat jalan ke depan. Ada pula tambahan kode nomor 1,2,3 pada bagian atasnya yang dapat digunakan dalam kondisi spesial seperti jalan menanjak dan melesat dengan cepat.

3. Mode Mulai

Ketika Anda akan memulai perjalanan dengan mobil matic, Anda bisa mulai dari posisi N atau P, kemudian menginjak rem terlebih dahulu lalu pindahkan gigi ke posisi D. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar menghindari terjadinya tumbukan karena melaju dengan tiba-tiba. Selalu ingat untuk mengecek persnelingnya ketika mobil akan dinyalakan.

4. Membebaskan Kaki Kiri

Biasanya, Anda akan tersugesti untuk menempatkan kaki kiri pada rem, namun jangan lakukan hal ini. Jika Anda terbiasa dengan menggunakan mobil manual, maka biasanya kaki kiri digunakan untuk menginjak kopling, maka jika kebiasaan itu ada, pastinya perjalanan Anda akan tidak nyaman. Akan lebih baik untuk tidak meletakkan kaki di atas pedal tersebut agar perjalanan Anda lebih lancar.

0 comments