Cara Menggunakan Mesin Gerinda Dengan Aman dan Benar

Pentingnya memperhatikan keselamatan saat sedang bekerja dan menggunakan alat-alat berbahaya seperti mesin las, gergaji mesin, mesin gerinda dan masih banyak lagi. Untuk itu kali ini kita akan membahas tentang cara menggunakan mesin gerinda yang baik dan benar, agar selama menggunakan mesin gerinda kamu terhindar dari berbagai risiko yang dapat membahayakan. Bekerja menggunakan peralatan seperti mesin gerinda memang memerlukan ketelitian dan harus sangat hati-hati, karena jika tidak akan membahayakan diri kita sendiri, oleh karena itu pentingnya memahami peralatan dan cara menggunakannya dengan baik dan benar. Berikut ini adalah cara menggunakan mesin gerinda dengan baik dan benar agar kamu dan orang sekitar kamu terhindar dari bahaya dan risiko terluka. 


Cabut Kabel Ketika Akan Mengganti Mata Gerinda 

Saat kamu akan mengganti mata gerinda pastikan kabel yang tersabung dengan listrik dilepaskan terlebih dahulu, karena jika tidak akan berisiko pada keselamatan diri kamu. Kabel yang masih menempe berisiko menghantarkan arus listrik, meskipun mesin gerinda ada pada keadaan mati namun tetap berisiko mengeluarkan aliran listrik. 

RPM Pada Mata Gerinda Harus Lebih Tinggi Dari RPM Mesin Gerinda 

Mesin gerinda memiliki RPM yang tertera pada tabel spesifikasi, kamu dapa menggunakan mata gerinda yang memiliki RPM yang lebih tinggi dari mesin RPM itu sendiri. Hal tersebut bertujuan agar saat mesin di gunakan tidak terjadi kesalahan fungsi yang di akibatkan karena perbedaan RPM tersebut. 

Gunakan Mata Gerinda Sesuai Fungsinya 

Jangan sekali-kali menggunakan mata gerinda untuk memotong di pakai untuk menghaluskan, bisa jadi benda yang akan kamu haluskan rusak dan terpotong. Jadi gunakanlah meta gerinda sesuai fungsinya agar tidak terjadi hal tersebut, karena jika kamu lupa mengganti mata bor hal tersebut akan menimpa diri kamu sendiri. 

Sesuaikan Penekanan Saat Menggunakan Mesin Gerinda 

Saat kamu menggunakan mesin gerinda harus memperhatikan kekuatan saat menekan gerinda, karena jika terlalu kuat akan berisiko merusak mata gerinda. Hal yang di takutkan adalah ketika mesin gerinda sedang beroperasi disk atau mata gerinda pecah atau patah, hal tersebut akan berbahaya jika mengenai anggota tubuh kita karena kekuatan dari perputaran mesin cukup kuat. 

Arahkan Percikan Api Ke Bawah 

Pada saat menggunakan mesin gerinda pastikan percikan api tersebut mengarah kebawah, hal ini bertujuan agar percikan api tidak mengenai diri sendiri dan orang sekitar. Karena jika terkena anggota tubuh terutama mata akan cukup berbahaya. 

Gunakan Tanda Peringatan Untuk Orang Sekitar 

Selain menjaga keselamatan kita sendiri menjaga keselamatan orang lain juga sangat penting agar orang tersebut tidak terluka, kamu dapat memasang tanda peringatan di area tempat kamu bekerja menggunakan peralatan mesin gerinda, karena di takutkan percikan api yang keluar dapat membahayakan orang di sekitar. Belum lagi debu dan sisa-sisa limbah pemotongan besi yang dapat terhirup dan membahayakan orang yang tidak menggunakan alat keselamatan. 

Gunakan Peralatan keselamatan 

Keselamatan adalah segalanya oleh karena itu gunakanlah peralatan keselamatan yang sesuai standar, agar saat menggunakan mesin gerinda kamu terhindar dari risiko yang berbahaya bagi keselamatan diri kamu. Biasanya perlatan keselamatan tersebut terdiri dari beberapa alat keselamatan di antaranya adalah penutup telinga, masker, kacamata khusus, sepatu boots, dan pelindung wajah. 

Sepeti itulah cara menggunakan mesin gerinda dengan baik dan benar, dengan mengutamakan keselamatan untuk menghindari risiko yang berbahaya bagi keselamatan jiwa. 

0 comments