Ini Dia Beberapa Ide Bisnis Kuliner Sehat dan Kuliner Khas Semarang

Wisata kuliner merupakan hal wajib yang dilakukan oleh para wisatawan untuk merasakan kenikmatan dan kekhasan dari makanan daerah yang dikunjungi.

Hampir semua daerah di wilayah Indonesia memiliki makanan khas yang berbeda-beda. Perbedaan ini membuat makanan khas ini hanya terdapat di daerah tersebut dan tidak dijual pada daerah lainnya, jikalau dijual pada daerah lain namun rasanya akan sedikit berbeda.

Sensasi kuliner memang akan membuat wisata tempat menjadi semakin lebih sempurna. Saat ini ada istilah kuliner sehat yaitu makanan yang dibuat namun tetap memiliki kandungan gizi serta nutrisi lengkap.

Kuliner Khas Semarang

Berikut adalah beberapa ide bisnis untuk kuliner yang sehat dikonsumsi diantaranya:


  • Pudding dengan varian rasa, merupakan makanan berupa jelly dan tambahan susu dan sangat baik untuk pencernaan.
  • Salad buah, dilengkapi dengan berbagai macam jenis buah dalam satu cup kecil serta tambahan susu untuk membuat rasanya lebih enak dan ini memiliki kandungan vitamin yang baik.
  • Ubi jalar panggang yang diberikan toping sesuai dengan selera, kandungan ubi ini sangat baik untuk tubuh dan pastikan menggunakan toping dari buah-buahan dan sayuran yang segar.
  • Mie ayam warna-warni dengan menggunakan bahan pewarna alami untuk tetap mengonsumsi dengan bahan yang sehat untuk tubuh.
  • Yoghurt yang dapat dicampur dengan beberapa buah sehingga akan membantu pencernaan mengonsumsinya dan sangat baik bagi tubuh.

Beberapa ide bisnis diatas dapat dicoba untuk mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Terutama saat ini makanan sehat ini banyak diincar oleh wanita atau pria yang sedang melakukan diet. Mengonsumsi makanan sehat diatas akan membatasi konsumsi kalori berlebih dalam tubuh. Selain itu juga makanan sehat akan membuat jasmani dan rohani seimbang sehatnya.

Berikut adalah beberapa kuliner khas Semarang:

  • Lumpia geng Lombok yang menjadi ikon kota Semarang.
  • Rumah makan Asem-Asem Koh Liem merupakan kuliner serba asem namun tetap enak.
  • Mie Siang Kie merupakan oleh daging babi khas Tionghoa.
  • Kampung Laut merupakan kuliner serba makanan laut dan berada di pinggir perairan.
  • Soto Bangkong merupakan khas Semarang dengan cita rasa yang sangat terasa di lidah.
  • Pisang Plenet merupakan pisang yang dibakar dan di hancurkan pada bagian dalamnya akan diberikan coklat dan gula.
  • Restoran Pesta Keboen dengan konsep restoran zaman dulu dan makanan khas daerah yang menggunakan rempah-rempah.
Beberapa tempat kuliner di Semarang tersebut jauh dari makanan cepat saji sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. 

Selain itu juga termasuk dalam kuliner sehat karena menggunakan bahan masakan alami serta tidak menggunakan bahan pengawet atau bahan berbahaya bagi tubuh. 


Kuliner diatas tentunya dapat dicoba ketika sedang berlibur ke Semarang, Jawa Tengah. Jangan takut dengan harga makanannya karena cenderung lebih murah dan porsi makanan yang sangat memuaskan pembelinya.

0 comments