Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengganti Aki Mobil Sendiri di Rumah

Aki dalam sebuah kendaraan memang tergolong sebagai komponen penting yang berhubungan dengan aliran daya, digunakan sebagai sumber kelistrikan pada kendaraan Anda. Tanpa adanya komponen yang satu ini beberapa bagian mobil tak akan bisa digunakan, contohnya saja adalah klakson yang tak akan berbunyi ketika digunakan, komponen lampu kendaraan juga tak akan menyala dan sejenisnya. Itulah mengapa penting mengontrol kondisi aki mobil Anda apakah masih penuh ataukah sudah habis, jika sudah mulai habis maka perlu diganti dengan yang baru.

Pada dasarnya aki kendaraan ini sendiri tak hanya digunakan untuk mobil, melainkan juga motor, di pasaran jika melihat pilihan jenisnya terbilang begitu banyak, sehingga konsumen diberikan pilihan untuk menggunakan yang mana, mulai dari jenis aki basah, kering sampai dengan aki gel. Beda pilihan jenis yang digunakan, maka nantinya juga akan turut mempengaruhi kualitas tarikan dari kendaraan Anda tersebut.

Umumnya pergantian aki mobil ini juga harus dilakukan secara berkala, kapan aki tersebut sudah mulai berkurang atau habis, maka kala itu nantinya harus segera diisi atau diganti dengan yang baru. proses pergantiannya sebenarnya begitu mudah, yaitu:

Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengganti Aki Mobil Sendiri di Rumah


1. Cek terlebih dahulu jika ada bekas cairan sulfat yang menempel pada tabung dari aki yang bersangkutan tersebut, hendaknya jangan sentuh dengan menggunakan tangan karena biasanya dapat memicu terjadinya korosi pada bagian tabung aki tersebut, gunakan.
2. Pergantian ini sebaiknya dilakukan dalam rentan waktu 30 menit sebelum nantinya kendaraan akan digunakan atau dinyalakan.
3. Cek terlebih dahulu alternator yang ada pada kendaraan, ketika kondisi mobil hidup atau menyala, maka nantinya akan menunjukkan angka tegangan, dalam kondisi normal nilainya adalah sebesar 12, 4-12, 8 volt. Dalam kondisi yang menyala angka alternator akan menunjukkan nilai 13, 8-14, 2 volt.

Saat melakukan pengisian atau penggantian agaknya beberapa hal ini juga harus dipertimbangkan sehingga nantinya tidak menimbulkan resiko, diantaranya adalah:

1. Ganti dengan aki yang tepat, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa nyatanya aki ini sendiri ragam atau jenisnya begitu banyak, mulai dari yang bentuknya cairan hingga gel, pastikan bagi pemilik kendaraan adalah untuk membeli yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagaimanapun hal ini akan sangat mempengaruhi performanya ketika digunakan nanti. Akan lebih aman bertanya langsung ke mekanik bengkel, manakah pilihan aki yang terbaik untuk kendaraan Anda.
2. Amankan area kerja ketika ingin melakukan pergantian, hendaknya lakukan di tempat yang datar dan juga dalam kondisi teduh atau terlindung dari paparan sinar matahari secara langsung, bagaimanapun hal ini sangat penting, karena pada dasarnya aki juga termasuk sumber bahan bakar, sehingga rentan untuk tersulut cahaya matahari.
3. Lepaskan bagian pematik rokok yang ada pada kendaraan, hingga beberapa komponen kelistrikan lainnya, karena jika masih dalam kondisi terhubung resiko menggantinya juga sangat tinggi, karena semua bagian ini saling berhubungan. Dalam melakukan penggantian sebaiknya lepaskan perhiasan yang dikenakan, utamanya adalah cincin yang terbuat dari bahan logam.

Untuk keamanan maka selalu gunakan sarung tangan hingga kacamata pelindung ketika melakukan proses pergantian aki mobil ini. Biasanya berbeda jenis aki maka akan berbeda juga usia hidupnya, untuk itu pemilik harus mengetahuinya sebelum memutuskan untuk mengganti, gantilah secara teratur untuk memastikan kondisi mobil Anda bisa berfungsi secara optimal.

0 comments