Tips Hemat Uang Bulanan Ala Ibu Rumah Tangga yang Bisa Dicoba

Keuangan adalah hal yang paling penting dalam suatu keluarga dan juga tentu untuk anggota keluarganya. Menjaga keuangan dari awal akan membuat uang yang diperoleh akan sesuai dengan kebutuhan dan jika tersisa dapat digunakan untuk tabungan atau hal mendesak. Saat ini keuangan memang sering diperbincangkan dan cukup sensitif karena segalanya membutuhkan uang. Jika mampu mengelola keuangan dengan baik tentunya akan memberi manfaat kepada pengguna uang tersebut. Terutama ibu rumah tangga sebagai bendahara rumahnya yang harus mengelola uang bulanan dengan baik, uang tersebut harus sesuai kebutuhan, dapat ditabung dan dapat digunakan jika mendesak.
 
 
Berikut adalah manfaat mengelola keuangan dengan benar diantaranya:

  • Melatih untuk menjalankan pola hidup hemat, dengan hidup serba pas-pasan dan membuat beberapa keinginan yang tidak dibutuhkan di urungkan untuk merealisasikannya saat ini.
  • Berlatih untuk lebih tertib dan teratur, dengan mengatur kebutuhan sendiri dan keluarga selalu terencana dan detail sehingga uang yang dapat ditabung dapat digunakan untuk selain kebutuhan pokok.
  • Mengurangi stress, akibat masalah keuangan seperti utang besar, pinjaman yang belum lunas dan ditambah dengan bunga yang semakin tinggi dan beberapa masalah keuangan lainnya.
  • Memiliki perencanaan masa depan yang lebih baik karena mampu memberi uang untuk disisihkan dan manfaatnya dapat dirasakan untuk keperluan kedepannya.

Selain beberapa diatas, manfaatnya juga dapat digunakan untuk perlindungan dari kejadian yang tidak terduga karena adanya simpanan uang. Dapat juga menghindarkan seseorang dari utang atau pinjaman dengan merencanakan keinginan dengan mengumpulkan uang lebih terlebih dahulu. Dapat berbagi dengan orang yang lebih membutuhkan sehingga akan menambah kebahagiaan dan memberi ketenangan.

Berikut adalah tips menghemat uang bulanan ala ibu rumah tangga diantaranya:

  • Gunakan 31 amplop untuk berhemat, ambil uang dan masukkan sesuai amplop dan sesuai keperluan yang perlu dibayarkan pada tanggal tersebut.
  • Jangan berfokus pada merek, sebaiknya membandingkannya dengan merek yang lebih murah dan tetap memiliki fungsi sama.
  • Simpan bahan makanan dengan baik supaya lebih awet dan uang bulanan tetap terjaga.
  • Buatlah daftar menu mingguan untuk mengatur pola belanja sembako dan terhindari dari bahan makanan yang mubadzir.
  • Catat rencana belanja selanjutnya untuk membeli keperluan sesuai kebutuhan dan simpan nota pembelian untuk membandingkan harga antar toko.

Selain beberapa diatas juga, perlu membandingkan beberapa produk di supermarket saat membeli. Jika ingin membeli daging dan untuk menghemat dapat menggantinya dengan makanan protein seperti telur, tahu dan juga tempe. Sebaiknya menghindari pembayaran melalui kartu kredit karena akan membuat belanja bulanan menjadi tidak terkontrol. Perhatikan juga promo maupun diskon yang ditawarkan oleh supermarket. Menghemat ala ibu rumah tangga ini perlu dilakukan supaya mendapat barang yang dibutuhkan dengan harga murah.

0 comments