Inilah Deretan Kuliner Khas Daerah yang Paling Banyak Dicari Saat Ramadhan Tiba

Jika membahas mengenai negeri Indonesia pasti tidak terlepas dari beberapa keunikan yang ada didalamnya, salah satu yang paling utama adalah kuliner yang jarang Anda temukan di negara lainnya. Indonesia memang sangat terkenal dengan berbagai bumbu yang paling khas, tidak heran jika beragam olahan bisa dihasilkan dari berbagai perpaduan bumbu-bumbu tersebut. Tidak heran jika memang Indonesia mempunyai kuliner khas yang jauh berbeda dengan negara barat lainnya. Jika Anda salah satu orang yang tinggal di Indonesia, pantaslah untuk bersyukur.
 
 
Ramadhan selalu identik dengan kegiatan puasa yang dilakukan oleh semua umat islam dunia, tidak terkecuali Indonesia. Jika berbicara mengenai kuliner dan ramadhan pasti sangat erat hubungannya, karena ada beberapa menu makanan yang memang menjadi primadona saat ramadhan tiba. Hal ini ada pada setiap daerah Indonesia. Nah, berikut ini ada beberapa jenis kuliner yang sering menjadi incaran saat ramadhan disetiap daerah yaitu:

  • Soto kudus.

Siapa yang belum pernah merasakan soto Kudus? Nah, pada bulan puasa seperti inilah saat yang paling nikmat untuk menikmatinya. Sering sekali masyarakat menjadikan soto tersebut sebagai hidangan pelengkap atau hidangan menu besar saat berbuka. Hal ini bukan terjadi pada daerah asalnya saja yaitu Kudus tetapi juga beberapa daerah lainnya. Karena sudah ada banyak sekali orang Kudus yang merantau dan mendirikan usaha tersebut diberbagai wilayah.

  • Tahu gimbal.

Kalau daerah Kudus mempunyai menu andalan yang segar berbeda dengan Semarang yang mempunyai menu cukup unik yaitu tahu gimbal. Jangan terpaku pada namanya sehingga mengidentikkan dengan rambut gimbal. Ini merupakan campuran dari ketupat, tahu goreng, telur, udang dan lainnya lalu dicampur dengan sambel kacang.

  • Lemang.

Kota sebutan Serambu Mekah juga mempunyai ciri khas makanan sendiri untuk ramadhan yang tidak ada didaerah lainnya. Makanan tersebut disebut dengan Lemang yang terbuat dari beras ketan, santan dan juga sedikit garam. Lalu pengolahan yang khas menggunakan bambu merupakan salah satu hal yang cukup unik dari makanan satu ini.

  • Tahu telur.

Kemudian selanjutnya ada dari Jawa Timur yang juga menyimpan keistimewaan yang cukup berbeda dari pada jenis kota lainnya. Setelah seharian melakukan puasa masyarakat Jawa Timur selalu menambah nutrisi tubuh menggunakan menu khas tahu telur yang enak, unik dan sangat menarik untuk dicoba.

Diatas merupakan beberapa daftar makanan kuliner yang khas dari daerah masing-masing selama ramadhan tiba. Lalu apa saja makanan khas daerah Anda saat ramadhan dan menjelang lebaran tiba? Pasti berbeda-beda, seperti yang telah dikatakan diatas jika Indonesia mempunyai banyak sekali pilihan kuliner yang sangat menggoda masyarakat dalam negeri ataupun luar negeri untuk datang berkunjung pada negara ini.

0 comments