Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Menjaga Hubungan Pelanggan dalam Bisnis

Aset terpenting dalam sebuah bisnis adalah pelanggan. Tanpa pelanggan tentu saja bisnis Anda tidak akan pernah bisa berjalan dengan baik. Tentu saja Anda dapat menarik pelanggan baru dengan produk unik, hadiah gratis, atau mengurangi harga Anda. Akan tetapi jika Anda tidak membuat hubungan yang baik dengan mereka, tentunya pelanggan tidak akan kembali lagi kepada Anda. Kadang-kadang pelanggan bisa menantang untuk membangun hubungan tersebut. 
 
 Gambar terkait
 
Sedangkan karakter setiap pelanggan pun juga tidaklah sama, oleh sebab itulah penting sekali bagi Anda untuk mengetahui karakter pelanggan Anda dengan baik. Untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan, ada banyak hal yang harus Anda tahu. Karena mengingat bahwa pelanggan adalah orang yang paling berjasa dalam bisnis Anda. Berikut ini tips memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan agar terjalin hubungan yang baik, yaitu:

  • Dengarkan pelanggan.

Terkadang, pelanggan hanya perlu tahu bahwa Anda mendengarkan. Jika mereka bingung atau memiliki masalah, pelanggan membutuhkan telinga untuk mendengarkannya, hal ini menunjukan bahwa Anda peduli dan Anda tidak mengabaikannya.

  • Minta maaf.

Ketika ada yang salah, minta maaf. Jangan terlibat dalam penemuan kesalahan atau menyalahkan, tetapi beri tahu mereka bahwa Anda menyesal memiliki kesalahan. Segera atasi masalah dan beri tahu pelanggan apa yang telah Anda lakukan.

  • Buat pelanggan merasa penting dan dihargai.

Buatlah pelanggan merasa penting dan dihargai, karena hal ini sangat penting bagi pelanggan. Jika mereka merasa ditertawakan, atau diacuhkan, mereka tidak akan membeli apa pun. Pelanggan dapat menjadi sangat sensitif dan akan tahu apakah Anda benar-benar peduli dengan mereka atau tidak.

  • Tetap tenang.

Pendekatan Anda yang menenangkan akan membantu pelanggan Anda tetap tenang juga. Mereka akan merasa seperti Anda mengendalikan situasi dan bahwa Anda dapat membantu memecahkan masalah mereka.

  • Identifikasi dan antisipasi kebutuhan pelanggan.

Sebagian besar kebutuhan pelanggan lebih bersifat emosional daripada logis. Semakin Anda mengenal pelanggan, semakin baik Anda dalam mengantisipasi kebutuhan mereka. Berkomunikasi secara teratur sehingga Anda mengetahui masalah atau kebutuhan yang akan datang. Selain memberikan pelayanan yang terbaik seperti pada beberapa tips yang ada di atas, maka ada juga pelayanan pelanggan yang tidak boleh untuk diabaikan, yaitu tidak hanya tentang kontak tatap muka dan telepon saja. Jika Anda bekerja di industri atau pasar di mana pelanggan selalu online, Anda perlu mengubah layanan pengiriman Anda untuk memasukkan itu. 
 
Pastikan Anda merespon dengan cepat dan informatif kepada pelanggan. Anda sebagai pelaku bisnis, tentunya sangat membutuhkan kehadiran pelanggan dalam bisnis Anda. Sehingga umpan balik adalah cara yang sangat bagus untuk mengembangkan bisnis Anda. Berikan cara bagi pelanggan untuk memberikan umpan balik, baik itu melalui email tindak lanjut atau panggilan telepon, kotak saran, atau sesuatu yang lebih menyenangkan dan inovatif.

0 comments