5 Dampak Negatif Ini Dapat Terjadi Jika Anda Sering Menggunakan Ponsel Sebelum Tidur

Smartphone saat ini sudah seperti menjadi barang wajib yang selalu di bawa kapan dan dimana saja. Jika Anda menggunakannya dengan baik, alat elektronik yang satu ini dapat memberikan banyak manfaat dan memudahkan sebagian besar urusan Anda. Akan tetapi, jika penggunaannya salah tentu saja smartphone atau ponsel juga dapat memberikan dampak negatif pada setiap pemakainya. Salah satu hal yang saat ini banyak dilakukan oleh setiap orang adalah bermain ponsel sebelum tidur, jika dibiarkan berlangsung dalam jangka waktu yang lama kebiasaan ini akan mengganggu kualitas hidup dan berpengaruh buruk pada kesehatan Anda di masa mendatang. 

Hasil gambar untuk menggunakan ponsel sebelum tidur
 
Layar smartphone akan mengeluarkan cahaya biru pada saat dinyalakan. Cahaya tersebut dapat memicu peningkatan produksi melatonin dari otak, sedangkan melatonin dapat membuat seseorang menjadi sulit tidur dan menyebabkan insomnia jika tidak segera di atasi. Selai itu, jika Anda sering menggunakan smartphone dengan posisi lampu mati atau kondisi gelap, maka 5 dampak negatif berikut ini perlu Anda waspadai, antara lain:

  • Sebuah penelitian menyatakan bahwa sinar buatan yang terdapat pada layar smartphone akan meningkatkan terjadinya kanker payudara sekitar 17 %. Badan penelitian lain juga menemukan fakta bahwa orang yang sering kerja lembur pada malam hari berpotensi lebih besar dapat terkena tumor dan kanker payudara.
  • Cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone pada kondisi gelap akan membuat retina mata menjadi tegang. Oleh karena itu, penyakit mata seperti katarak juga sangat mungkin terjadi jika kebiasaan ini terus berlangsung lama.
  • Sinar biru pada layar smartphone secara otomatis memberikan isyarat pada tubuh untuk bangun, sehingga hal ini menimbulkan rasa lapar yang membuat Anda menjadi makan diluar batas dan dapat meningkatkan berat badan bahkan obesitas.
  • Produksi hormon Nourotoxin juga dapat meningkat jika seseorang terbiasa bermain ponsel sebelum tidur. Hormon ini menjadi penyebab tidur tidak nyenyak sehingga dapat mengganggu kualitas istirahat Anda.
  • Karena terlalu asik bermain ponsel, terkadang membuat Anda menjadi lupa waktu. Hal ini akan membuat kinerja otak tidak dapat beristirahat sehingga menimbulkan kelelahan otak dan membuat waktu Anda di hari esok menjadi tidak produktif.

Selain beberapa dampak di atas, jika Anda terus bermain ponsel sebelum tidur, maka hal tersebut akan membuat Anda dihampiri rasa kantuk sepanjang hari dan menjadi tidak fokus saat bersosialisasi dengan orang lain maupun dalam mengerjakan setiap aktifitas.

Itulah 5 dampak negatif yang dapat terjadi jika Anda memiliki kebiasaan bermain smartphone atau ponsel sebelum tidur terutama jika kondisi ruangan sedang gelap. Tidak ada larangan khusus jika And memiliki kepentingan dan harus membuka smartphone pada saat sebelum tidur, akan tetapi batasi waktu pemakaian smartphone saat malam hari dan jangan sampai mengurangi waktu istirahat Anda.

0 comments