Ciri hewan yang layak qurban menurut sunnah nabi

Pemburuan hewan yang akan dijadikan qurban pada saat Idul Adha sudah banyak dilakukan terutama 1 bulan menjelang hari H. Begitu juga para penyedia hewan sapi atau kambing, mereka sudah memnyiapkan jauh – jauh hari. Bagi para peternak, memang sudah pekerjaannya mengurus hewan – hewan tersbeut di peternakan agar hewan ternaknya bisa naik bobotnya dan sehat. Namun, apakah anda masih ingat Ciri hewan yang layak qurban menurut sunnah nabi?

hewan qurban

Namun berbeda dengan para musiman, dimana mereka harus mengirimkan hewan sapi atau kambing dari para peternak di daerah, karena perjalanan panjang sehingga bisa menyebabkan hewan tersebut mengalami stress yang bisa menyebabkan kondisi hewan tersebut sakit atau terkena penyakit hingga bisa mneyebabkan kematian juga.

Oleh karena itu, bagi para pembeli hewan yang akan dijadikan qurban, hendaknya benar – benar tahu ciri hewan yang memang layak untuk dijadikan qurban, karena syarat ini juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah.

Bagimana ciri hewan qurban yang layak untuk dijadikan qurban?.

Di bawah ini adalah ciri yang bisa anda lihat ketika memilihnya di tempat :

1. Tanyakan tentang Umur Hewan


Pilihlah sapi atau kambing yang umurnya tidak terlalu muda dan juga tidak terlalu tua, sebagaimana yang telah disyareatkan oleh nabi, dan ini bisa dilihat dari giginya. Umur sapi hendaknya lebih dari 2 tahun, kambing umurnya lebih dari 1 tahun, dan unta umurnya lebih dari 5 tahun

2. Lihat kondisi mulutnya

mulut hewan qurban


Bukalah mulut hewan kambing atau sapi. Hewan yang sehat pada mulutnya tidak ada luka seperti kena sariawan, dan juga hewan yang sehat mulutnya tidak berbau. Tapi sebaliknya jika hewan keadaan sakit maka bau mulut hean tersebut akan langsung bisa tercium ketika buka mulutnya.

3. Lihat cara makan hewan



Sebagaimana manusia, ketika sehat maka bisa makan apa saja dengan cara yang lebih bernafsu. Apalagi hewan, ketika diberikan daun atau rumput maka langsung dimakan dengan sangat bernafsu. Jadi, ketika memilih hewan hendaknya yang memiiliki nafsu makan yang baik, itu bertanda hewan tersebut sehat.

4. Lihalah kondisi hidung hewan

kondisi hidung hewan qurban


Kondisi hewan yang sehat bisa juga dilihat dari kedaan hidung, jika hidungnya basah, bisa bertanda bahwa hewan tersebut terkena flu, biasanya mengelurakan cairan dan kondisinya lemah,. Sedangkan ciri hewan yang sehat, hidungnya kering, tidak ada cairan apapun yang keluar dari hidungnya.

5.Lihat Kaki hewan

Kaki meruapakan bagian anggota badan yang bersentuhan dengan kototoran, sehingga sangat rentan bagi hewan tersebut mengalami sakit. Lihat kuku nya, apakah masih utuh atau tidak, apakah ada yang seprti koreng2 atau tidak. Dan yang tidak kalah pentingnya juga cara berdiri dari hewan itu sendiri. Hewan sehat akan menapakan kakinya ke tanah dengan tegap, tidak sempoyongan atau pun pincang

6. Lihat fasesnya

Hal yang penting untuk dilihat, apakah hewan tersbeut sakit atau tidak adalah fases atau kotoran yang mereka buang. bagi hewan kambing, maka kootoran yang dikeluarkan harus berupa butiran, bukan menjadi cair, agak berbusa dan berbau. Kalau agak cair, maka diindikasikan hewan itu terkena diare.

Demikian Ciri hewan yang layak qurban menurut sunnah nabi agar supaya sellau diingat ketika membeli hewan untuk dijadikan qurban

0 comments