Tips Manajemen Waktu Anak dan Meningkatkan Motivasi Anak yang Harus Anda Ketahui

Pendidikan adalah hal yang paling penting saat ini, pentingnya pendidikan membuat pemerintah pusat dan daerah mengadakan berbagai program pendidikan. Orangtua anak haruslah mengetahui cara me-managemen waktu anak dan membuat motivasi anak meningkat supaya dapat belajar dengan baik dan memanfaatkan bantuan dari pemerintah. Belajar sejak dini lebih baik untuk membuat anak lebih disiplin dengan benar. Setiap pembelajaran saat usia dini ini tentu tidak lepas dari peran penting orangtua karena untuk mengawasi dan membantu anak jika mengalami kesulitan.
Hasil gambar untuk management waktu
 
Berikut adalah tips manajemen waktu anak-anak diantaranya:


  • Jangan menunda untuk mengerjakan sesuatu supaya anak belajar disiplin dan tidak mengulur-ulur waktu.
  • Konsentrasi supaya anak mengerjakan sesuatu berhasil dan tidak menyita waktu yang lama termasuk ketika sedang belajar ataupun mengerjakan tugas.
  • Gunakan waktu luang dengan baik untuk melakukan aktifitas yang bermanfaat seperti merapikan buku, olahraga atau mengulang pelajaran.
  • Jangan sampai lupa waktu ketika menyelipkan bermain video game supaya tidak kecanduan dan hanya untuk hiburan.
  • Seleksi dan batasi menonton acara televisi yang dapat ditonton oleh anak seumurnya dan berikan jam-jam tertentu untuk menonton.

Selain itu juga perlu menjaga kesehatan anak supaya anak tidak drop dan tetap melakukan kegiatan dengan baik. Rencanakan jadwal kegiatan yang bervariasi supaya anak tidak bosan dan memiliki selingan liburan dalam berbagai kegiatannya. Ajarkan anak untuk selalu datang tepat waktu ke sekolah maupun ke tempat teman ketika belajar bersama. Sebaiknya anak jangan tergesa-gesa dalam melakukan tugas supaya lebih teliti. Anak juga perlu tidur lebih awal dan bangun lebih awal supaya berangkat tepat waktu.

Berikut adalah tips meningkatkan motivasi anak diantaranya:

  • Belajar sambil berekreasi, untuk upaya peningkatan kecerdasan tentang biologi dan menjawab keingintahuan anak flora dan fauna menghindari anak dari serangan stress.
  • Belajar sambil bermain, untuk mengembangkan kreatifitas dan keterampilan motoriknya.
  • Belajar sambil berkarya, membuat hasil karya tanpa bantuan dan meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian anak.
  • Melatih kreatifitas sesuai bakat dan minat, agar menjadi kebanggaan dan bermanfaat bagi masa depan dan cita-cita anak.
  • Memberikan apresiasi, pujian bagian anak akan memberi anak rasa perhatian dan semangat untuk maju dan tetap melakukan persaingan sehat dengan orang lain.
  • Orangtua memberikan dukungan penuh, dapat menjadi sangat anak dan menunjukkan pada orangtua tentang prestasi.

Selain itu, untuk meningkatkan motivasi anak maka orangtua terjun langsung membantu mencari jalan keluar dengan memberikan pengertian dan nasehat dengan kalimat yang mudah dimengerti. Guru dan orangtua disarankan untuk memberikan pemahaman dan pengertian bahwa belajar untuk masa depan. Selingi hiburan saat sedang belajar untuk membuat hati dan pikiran kembali santai. Dapat juga belajar sambil berdongeng supaya anak lebih mudah menerima oleh alam bawah sadar anak.

0 comments