Ini Dia Faktor Terpenting Saat Memilih Supplier Buku Dagangan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, sering kita tidak dapat melakukan semuanya sendiri. Agar bisnis bisa berjalan dengan lancar, salah satu caranya dengan menggunakan supplier. Supplier ini sudah pasti akan sangat berpengaruh untuk bisnis yang Anda kelola, karena ia akan mengirimkan stock barang dagangan yang akan Anda jual, termasuk ketika Anda berjualan buku. Untuk menjalin kerjasama dengan supplier bisnis. Anda harus memilih supplier dengan tepat dan cermat, karena tidak sedikit supplier yang memasok barang dagangan secara asal-asalan. Oleh sebab itu sebaiknya sebelum Anda menentukan menjalin sebuah kerjasama dengan supplier, lebih baik Anda memperhatikan beberapa faktor di bawah ini untuk menjamin kelangsungan bisnis yang sudah Anda kelola.
Hasil gambar untuk buku
 
Pertama, kualitas. Kualitas merupakan hal yang harus Anda jadikan patokan untuk pertama kalinya saat akan memilih . kualitas adalah syarat mutlak yang tidak dapat di tawar lagi, karena jika mereka memiliki kualitas yang buruk, sudah tentu barang jualan Anda juga demikian. Perhatikan secara teliti, jangan sampai tergiur dengan barang yang murah, namun ternyata barang yang mereka jual bukan barang asli. Walaupun memiliki harga yang sedikit mahal, sebaiknya Anda memilih supplier yang berkualitas bagus dan berbanding lurus dengan harga yang akan Anda ambil. Cek secara langsung ke lokasi mereka, perhatikan dengan seksama produk mereka.

Kedua, kuantitas. Sesudah Anda mendapatkan sejumlah informasi yang berhubungan dengan kualitas, berikutnya ialah kuantitas dari supplier tersebut. Seberapa besar mereka dapat menampung kebutuhan buku yang Anda ingini? Karena, sering pula terjadi supplier yang tidak dapat memberikan barang sesuai dengan kesepakatan karena mereka tidak memiliki kemampuan tersebut, ada pula yang mengaku dapat menuntaskan pesanan, namun ternyata mereka tidak bisa menyelesaikannya secara tuntas. Kemampuan satu supplier dengan yang lain pasti berbeda-beda saat memproduksi produk. Pilih supplier yang dapat menyelesaikan pesanan dengan ketepatan waktu yang dapat dipertanggungjawabkan. Bila Anda ragu, Anda dapat memberi tes kecil dengan melakukan pemesanan barang dalam waktu mendadak.

Ketiga, konsistensi. Konsistensi memberi suplai barang pada bisnis juga sangat penting. Anda harus dapat memastikan jika supplier mempunyai kemampuan untuk terus memberi suplai pada bisnis yang Anda kelola. Jangan sampai di tengah jalan supplier tidak dapat mengirimkan barang dagangan yang Anda pesan. Keadaan ini dapat berakibat pada perputaran bisnis Anda yang pasti tersendat. Saat hal ini terjadi, ganti rugi pun tidak berarti apa-apa karena terhambatnya pesanan konsumen akan membuat kredibilitas bisnis Anda menjadi hancur di mata konsumen. Agar hal ini tidak terjadi, perhitungkan secara cermat hal-hal yang dapat mempengaruhi konsistensi supplier seperti jarak, sarana dan prasarana hingga tenaga kerja yang mereka miliki. Sebelum menjalin sebuah kerja sama, cari informasi dengan sebanyak-banyaknya.

Terakhir, harga. Harga sendiri adalah pertimbangan terakhir saat Anda akan menentukan kerjasama dengan supplier. Anda bisa memperhatikan masalah harga. Walaupun harga bukan menjadi pertimbangan utama untuk mengambil keputusan, namun tetap jadikan ia sebagai bahan pertimbangan. Pada dasarnya supplier juga merupakan seorang pebisnis yang berharap keuntungan dari bisnis yang mereka kelola, sehingga untuk masalah harga biasanya sering berubah sesuai dengan kondisi pasar. Sesuaikan harga dengan barang yang Anda jual. Perkirakan dengan baik apakah harga yang mereka tawarkan pada Anda wajar atau tidak. Jika Anda ingin menjual buku pelajaran, lihat kembali apakah bacaan tersebut memiliki harga yang dapat dijangkau oleh semua kalangan dan sesuai dengan kualitas atau tidak.

0 comments