Cara Mengatasi Kram Perut Saat Menstruasi

Haid wanita atau menstruasi merupakan proses peleburan dinding rahim yang terjadi setiap sebulan sekali, dengan jangka waktu kurang lebih 3-7 hari. Selama menstruasi atau sebelum masa haid, biasanya wanita akan mengalami kram perut. Semua wanita biasanya akan mengalaminya, proses leburan dinding rahim tersebutlah yang menjadi penyebab perut terasa nyeri.

Cara Mengatasi Kram Perut Saat Menstruasi

Pada kondisi medis, kram perut biasa disebut dysmenorrhea. Menurut penelitian, ketidaknyamanan tersebut memang hampir dialami semua wanita yang sedang menstruasi. Penyebab perut kram pada wanita haid banyak terjadi oleh beberapa faktor. Selain itu, tubuh wanita juga akan mengalami perubahan hormon sehingga menjadi tidak stabil.

Tentunya, kram perut pada saat menstruasi akan membuat Anda jadi tidak nyaman. Mungkin Anda tidak bisa menghilangkan sakitnya, tapi Anda bisa mengurangi nyeri tersebut agar tetap bisa melakukan aktivitas dengan baik. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi kram perut pada saat menstruasi, antara lain:


Mengkompres dengan Air Hangat

Anda bisa menyiapkan air panas terlebih dahulu, tunggu sebentar baru setelah itu masukan ke dalam botol. Kemudian tempelkan botol tersebut pada perut Anda atau area yang kram. Hal ini akan meredakan kram pada perut Anda, rasa hangat ini akan membuat perut menjadi lebih rileks.

Konsumsi Makanan yang Sesuai

Jika Anda sedang mengalami kram perut, sebaiknya makan makanan yang rendah lemak serta kaya serat. Biasanya Anda bisa mengkonsumsi sayur hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sebagainya. Usahakan hindari makanan berlemak, seperti gorengan dan makanan cepat saji.

Melakukan Gerakan Ringan

Biasanya kalau sedang menstruasi, akan menjadi malas untuk beraktivitas. Justru sebaiknya, Anda harus melawan rasa malas tersebut. Anda bisa berolahraga atau melakukan gerakan ringan. Karena saat berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon endorfin, yaitu hormon yang mampu mengurangi rasa sakit serta membuat suasana hati menjadi lebih nyaman.

Melakukan Pijatan

Melakukan pijatan pada area bawah perut juga mampu meredakan rasa sakit. Dengan gerakan memutar secara berulang, akan membuat perut menjadi rileks dan nyaman. Anda bisa melakukannya beberapa hari sebelum menstruasi datang.

Demikianlah beberapa cara mengatasi kram perut pada haid wanita atau menstruasi. Mulai sekarang, tak perlu khawatir lagi jika menstruasi akan tiba, karena Anda sudah bisa melakukan beberapa cara di atas agar penyebab perut kram bisa diatasi dengan baik. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

0 comments